Jumat, 19 April 2013

Sensasi dan Persepsi

Selamat datang di blog saya, berikut ini saya akan menjelaskan tentang sensasi dan persepsi menurut yang saya ketahui dan juga menceritakan pengalaman saya :)

Sensasi adalah proses menangkap stimuli dan tahap paling awal dalam penerimaan informasi, sedangkan persepsi adalah proses memberi makna pada sensai sehingga manuia memperoleh pengetahuan baru. Dengan kata lain persepsi mengubah sensasi menjadi informasi

Sensasi dan persepsi itu saling berhubungan. Sensasi merupakan bagian dari persepsi, tetapi dalam prosesnya sensasi dan persepi berbeda, kalau sensai itu penerimaan stimuli lewat indera sedangkan persepsi itu menafsirkan stimuli yg telah ada dalam otak.

Sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya yang ada hubungannya dengan sensasi dan persepsi siapatau pembaca bisa lebih mengerti.
Saat saya masih duduk di bangku SMA saya memiliki kawan satu meja yg sangat hobi kentut. Pada waktu pelajaran matematika kawan saya itu bilang " lek, aku sesak boker lah" saya tertawa kecil saat dia mengatakan hal tersebut, namun tak lama kemudian saya mendengar suara sumbang yg terdengar dari arah bawah meja dan tak lama kemudian saya segera menjauh dari dia karena saya mencium bau busuk. Setelah bau itu hilang saya mendekati kawan saya itu dan bertanya "lek, kau kentut kan?" dia pun menjawab sambil tertawa "iya lek, tinggal hirup aja pun kau hahahahaha" spontan saya memukul kepalanya ( pelan ya) hehehehe. Nah sensasinya yg saya rasakan melalui indera penciuman yaitu bau busuk saat dia kentut dan persepsi adalah saya menjauh dari dia untuk sesaat.

Sekian pengalaman saya yg ada hubungannya dengan sensasi dan persepsi. Semoga dengan saya menceritakan pengalaman saya ini anda bisa lebih mengerti tentang sensasi dan persepsi. Saya juga mohon maaf kalo ada salah-salah kata ya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar